Ulasan 2 - First Come First Serve

          Pada blog ini saya akan mengulas video dari kanal Youtube Back Bench Geeks dengan judul OS-First Come First Serve Explanation (Animation)  yang membahas tentang Schedulling dengan topik Algoritma First Come First Serve. Video ini telah ditonton sebanyak 2.367 kali dengan durasi sepanjang 5 menit 3 detik. Video ini dapat diakses dengan URL https://www.youtube.com/watch?v=Y2HcEE8A9s8.

        Pada video ini dijelaskan bahwa Schedule dari beberapa proses dari Process Scheduler di tempatkan di CPU berdasarkan algoritma. Video ini menjelaskan salah satu algoritma untuk menempatkan proses pada CPU yaitu First Come First Serve (FCFS). Pada algoritma ini 'jobs' atau dalam hal ini proses diekseskusi berdasarkan proses pertama yang masuk terlebih dahulu. Ketika proses berada di CPU maka proses akan diselesaikan hingga selesai terlebih dahulu. Algoritma ini merupakan algoritma yang adil jika beberapa proses tidak memiliki tingkat urgensi yang sama, namun ketika itu terjadi maka proses yang lebih penting harus menunggu beberapa proses yang kurang penting sebelum proses tersebut dieksekusi. FCFS merupakan algoritma yang mudah diprediksi karena menggunakan waktu yang pasti namun ketika memerlukan interaksi dengan user maka algoritma ini tidak memberikan waktu respon yang baik. Kelemahan dari algoritma ini adalah waktu rata-rata dari schedullingnya lama. Algoritma ini biasanya tidak diimplementasikan untuk skema utama dari sebuah sistem operasi, namun biasanya diimplementasikan dalam skema lain.

       Menurut pendapat saya, video ini memuat konten dasar untuk pengetahuan dari FCFS, namun kurangnya animasi dan visualisasi membuat saya sulit untuk membayangkan implementasi asli dari FCFS ketika mengatur sebuah proses dalam PC.


Github Account: raifirizkyr28
URL Ulasan: http://muhammad-rafi51.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-first-come-first-serve.html
URL Video: https://www.youtube.com/watch?v=Y2HcEE8A9s8
Video Author: Beck Bench Geeks
Pemetaan: week08
Revisi Pertama: 15 Mei 2017
Revisi Terakhir: 15 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING WEEK-10

RANKING WEEK-00

RANKING WEEK-06